PENGERTIAN MULTIMEDIA
Secara bahasa, Multimedia berasal dari dua kata, yaitu Multi dan Media. Multi memiliki makna: banyak, bermacam-macam, sedangkan Media: sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan informasi atau sesuatu. Berdasarkan dua istilah tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia adalah media teknologi dengan sistem integrasi antara suara, teks, animasi, audio dan video dengan perangkat dan koneksi sehingga pengguna dapat bernavigasi, berkomunikasi, bersosialisasi, dan berkarya.
Penggunaan multimedia sering dipakai oleh perusahaan media maupun bidang informatika. Selain itu multimedia juga dipakai dalam bidang bisnis dan ilmu pendidikan. Seiring perkembangan teknologi, multimedia mulai merambah ke segala bidang kehidupan.
- Menurut Vaughan (2008) : Multimedia merupakan kombinasi berbagai media kemudian disampaikan menggunakan komputer atau peralatan elektronik dan digital.
- Menurut Turban (2002) : Multimedia adalah kombinasi dari dua atau lebih media input atau output dari data, di mana media tersebut berupa audio (suara/ musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
- Menurut Robin dan Linda (2001) : Multimedia diartikan sebagai alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif dengan mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.
- Menurut Najjar (1996) : Multimedia adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video, dan animasi.
- Menurut Mc Cormick (1996) : Multimedia adalah kombinasi antara tiga elemen, yaitu : suara, gambar, dan teks.
- Menurut Rosch (1996) : Multimedia adalah kombinasi antara komputer dan video.
- Istilah multimedia pada zaman dahulu berawal dari kegiatan teater tanpa menggunakan perangkat komputer. Pada saat itu pertunjukan yang menggunakan lebih dari satu medium sehingga disebut multimedia.
- Abad ke-15 an, Seorang tokoh Gutenberg dan Caxton memperkenalkan media cetak.
- 1862, Seorang Mathew Brady mengenalkan pameran fotografi ke publik.
- 1969 an, Mulai lahir Internet yang merupakan jaringan komputer dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek ARPA dengan mengembangkan jaringan bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).
- 1971, Munculnya Email oleh seorang insinyur Ray Tomlinson dalam proyek SNDMSG.
- 1976, tepatnya 1 April 1976, lahirlah teknologi Apple (perusahaan personal computer (PC) atau komputer pribadi yang mempopulerkan antarmuka pengguna grafis) yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak.
- 1983-1986, Knight Ridder mengenalkan sebuah digitalisasi dengan kemunculan Viewtron (proyek yang memberikan akses berita ke publik, sebelum disalurkan ke media cetak).
- 1987, Mulai muncul sistem multimedia dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple. Kemudian tahun 1989 ditandai juga dengan pengumuman IBM, adanya perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan Video Adapter Card PS/2.
- 1988, Berkembangnya World Wide Web (WWW) dengan memunculkan banyak pionir situs berita dari berbagai media online. Seperti: CNN, The Chicago Tribune, News & Observer.
- 1994, Koran Inggris (The Daily Telegraph) mengikuti tren teknologi dengan meluncurkan Electronic Telegraph (Koran berbasis daring pertama di Eropa). Semuanya masih berlanjut dengan pengembangan media-media berita.
- 1994, Diperkenalkannya Netscape oleh Jim Clark dan Marc Andreesen
- 1995, Muncul pengembangan aplikasi platform mandiri yaitu JAVA.
- 1995, Indonesia mengembangkan koran daring bernama Republika dan Kompas. Saat itu sudah banyak pengguna internet di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran Tempo Interaktif (konten berupa wawancara narasumber dan profil tokoh) pada tahun 1996.
- 1996, Kemunculan Microsoft dan Internet Explorer.
- Multimedia Content Production (Produksi Konten Multimedia). Merupakan hasil produk multimedia yang diproses dari elemen-elemen berupa teks, audio, animasi, grafis, interaktif, dan video untuk menyajikan sebuah informasi.
- Multimedia Communication (Komunikasi Multimedia). Merupakan proses penggunaan media berupa media cetak, radio, televisi, internet yang bertujuan untuk menyampaikan atau mempublikasikan informasi.
Jenis-jenis multimedia berdasarkan karakteristik
- Multimedia Interaktif. Merupakan jenis multimedia yang memberikan respon informasi kepada pengguna dengan navigasi. Contohnya: Game, Media Web, Pemutar Video, Program Aplikasi, CD Interaktif, Virtual Reality (VR), dan masih banyak lagi.
- Multimedia Linear. Jenis multimedia yang bersifat lurus (satu arah) yaitu bergerak tanpa ada kontrol dari pengguna. Beberapa contohnya yaitu, E-book, Film, Musik, Siaran Televisi, dan lainnya.
- Multimedia Hiperaktif. Jenis multimedia yang terstruktur dengan elemen yang bersangkutan yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan (link) dengan unsur multimedia yang tersedia. Misalnya, Website, WWW (Word Wide Web), Mobile Banking, Game Online, dan masih banyak lagi.
- Multimedia Kits. Merupakan kumpulan bahan pembelajaran yang melibatkan banyak media dengan sistem pengorganisasian dalam satu topik tunggal. Contohnya: CD-ROM, slides, audiotapes, videotapes, gambar diam, kaset audio, dan lainnya.
- Berperan penting dalam dunia pendidikan. Multimedia digunakan dalam sistem pembelajaran untuk mempermudah penyampaian materi dan pembuatan media belajar guna membuka wawasan yang lebih luas.
- Penyedia sarana informasi. Dengan teknologi informasi dan komunikasi penerimaan informasi dari satu orang ke orang lainnya lebih cepat dan efektif. Contohnya: media online, media sosial, dan sejenisnya.
- Multimedia mendukung dunia bisnis. Sebuah perusahaan akan terpandang tinggi, ketika produk atau jasa yang dikemas bersifat informatif, interaktif, dan menarik. Contohnya: packaging produk, logo, branding, dan lain-lain.
- Untuk sarana hiburan. Banyak sekali bidang hiburan yang diciptakan melalui
- multimedia. Contohnya, perfilman, media teater, konser musik, dan lainnya.
- Untuk bidang kesehatan. Dalam bidang ini petugas kesehatan juga memanfaatkan teknologi multimedia sebagai alat bantu. Contohnya, teknologi untuk tekanan darah, teknologi melihat detak jantung, CT-Scan, media terapi, dan lainnya.
- Sebagai wadah kreativitas. Bidang multimedia membantu kreator media untuk menyalurkan bakatnya. Sebut saja para konten kreator, freelance desain, Youtuber, dan lain sebagainya.
- Interactive media designer (desainer media interaktif). Menciptakan tampilan dan nuansa keseluruhan dari berbagai produk komunikasi interaktif dengan menggunakan teks, data, grafik, suara, animasi, efek-efek visual, dan lainnya.
- Web designer. Sebuah profesi yang Handal dalam desain dan programming web. Kemampuan desain berperan untuk membuat antarmuka dan tampilan website, sedangkan programming untuk sistem website/ alur kerja suatu website.
- Animator. Seseorang yang bekerja dengan membuat animasi dari beberapa objek karakter berupa kartun, anime, tokoh game, animasi dan masih banyak lagi. Sebenarnya profesi multimedia ini saling berkaitan satu sama lainnya, karya animator dapat digunakan untuk produksi film, video, website, games, animasi, dan masih
banyak lagi. - Game modeler (pembuat game). Perancang model game dalam segi aturan, jalan cerita, karakter game, sistem permainan, dan juga properti.
- Illustrator. Seseorang yang memiliki profesi dalam mendesain ilustrasi berupa
- gambar visual dengan menggabungkan unsur seni desain dan kreativitas.
- Graphic designer. Seorang desainer grafis yang bertanggung jawab untuk menciptakan desain menggunakan perantara perangkat lunak grafis. Beberapa contoh yang dikerjakan oleh designer grafis yaitu, logo, poster, website, packaging, desain branding, dan lain sebagainya.
- Video dan audio editor. Membuat berbagai konten video dan audio dengan cara mengedit menggunakan program editing video dan audio.
- Fotografer dan video shooting. Seseorang yang bekerja menggunakan kamera untuk mendokumentasikan foto dan video, maupun pembuatan film.
- Office administrator. Profesi admin perkantoran juga dimudahkan dengan adanya software multimedia. Sebut saja software office yang berguna untuk mengolah data-data perusahaan.
Post a Comment